Technology

iJakarta, Solusi eBook Gratis dan Legal

Hola!

Kamu lagi bokek tapi pengen baca buku? Tenang-tenang, jangan galau dulu. Pas banget hari ini saya mau menyebarkan berita gembira buat kamu-kamu semua.

Pasti udah pada tau ya kalo DKI Jakarta dan daerah lain di Indonesia punya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD). Nah, ternyata oh ternyata, tahun lalu BPAD DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan PT Woolu Aksara Maya untuk bikin aplikasi perpustakaan digital iJakarta.

iJakarta-aplikasi-perpustakaan-digital-jakarta-2

sumber gambar

Meskipun udah dirilis dari Oktober tahun lalu, saya ngga sengaja tahu tentang iJakarta ini baru dua minggu lalu dari postingan Path temen saya haha. Karena ‘buku’ dan ‘gratis’ adalah kata favorit saya, langsung deh yaa saat itu juga saya cus download aplikasinya di Google Playstore (udah tersedia juga kok buat iPhone dan Windows phone). And you know what, SAYA LANGSUNG JATUH CINTA SAMA APLIKASI INI! *heboh*

Dan biar saya ngga heboh sendirian, I’ll tell you the reasons why iJakarta deserve our love!

  1. Semua buku bisa dipinjam dan 100% gratis

  2. Banyak koleksi novel dan teenlit populer

  3. Aplikasi ringan (at least on my phone :p)

  4. Tampilan aplikasi simple dan user-friendly

iJakarta-aplikasi-perpustakaan-digital-jakarta-3

sumber gambar

Selain itu, seperti perpustakaan konvensional pada umumnya, aplikasi ini punya beberapa aturan peminjaman:

  1. Jumlah peminjaman buku maksimal adalah 3 buku/hari dengan masa peminjaman 3 hari/buku. Kalo udah lebih dari 3 hari, buku yang dipinjam otomatis akan hilang dari list peminjaman buku kita.

  2. Jika stok buku yang kita mau sudah habis dipinjam, kita bisa masuk ke daftar antrian peminjaman. Tenang, buku yang masuk ke daftar antrian kita ngga akan dihitung sebagai buku yg dipinjam, yang berarti kamu tetep bisa pinjam 3 buku lain di hari itu.

Gitu deh kira-kira. Nah, kalo kamu sangat merasakan manfaat dari aplikasi ini, kamu bisa lho bantu donasi untuk memperkaya koleksi buku di iJakarta. Atau, kamu juga bisa donasi untuk judul buku tertentu supaya lebih banyak orang yang bisa baca dan saya ngga perlu ngantri lagi *eh*

Biar afdol, nih saya kasih link downloadnya sekalian:

https://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ijakarta (android version)

 

Udah ya, saya mau lanjut ngabisin buku dulu. Udah hari ketiga peminjaman nih huhu. See ya on my next post!

Leave a comment